Deni

January 5th, 2010

Tugas Kelompok 3

Posted by deni in Knowledge Management Case
  1. Bagaimana keberhasilan organizational learning dan networking dalam menunjang atau hasil dari implementasi KM di organisasi.
    Keberhasilan penerapan organizational learning dan networking dalam menunjang atau hasil dari implementasi KM di Boeing bisa dikatakan cukup baik. Ini dapat terlihat dari budaya knowledge sharing yang terlaksana dengan baik, terutama pada proyek 777. Pimpinan Boeing selalu memotivasi para karyawannya dari semua tingkatan agar berani berbicara, menyampaikan pendapat atau saran, serta ikut berperan dalam pengambilan keputusan sehingga tercipta proses organizational learning pada setiap karyawan. Cara ini merupakan salah satu kunci sukses Boeing pada proyek 777.
    Keberhasilan networking dalam menunjang implementasi KM di Boeing juga diperlihatkan pada proyek 777. Pesawat 777 adalah pesawat Boeing pertama yang dirancang seluruhnya secara terkomputerisasi melalui sistem Catia yang menghubungkan antar anggota tim proyek. Dalam Program 777, dua belas perusahaan yang berlokasi di 10 negara, dan 18 perusahaan amerika yang berlokasi di 12 negara bagian, dikontrak oleh Boeing untuk membantu produksi 777. Dalam pelaksanaan Knowledge Acquisition tersebut, dukungan infrastruktur networking terimplementasi dengan cukup baik sehingga mampu membantu kelancaran proyek 777 dengan maksimal.
  2. Berikan gambaran umum seperti apa bentuk dashboard knowledge management untuk lini-lini yang ada diperusahaan tersebut. (dengan gambar yang mendukung akan lebih baik)
    Dashboard Knowledge Management pada Boeing adalah suatu Corporate Portal yang menyediakan semua informasi knowledge di dalam perusahaan.
    Untuk lini level bawah, sebuah Corporate Portal berguna untuk menampilkan informasi informasi mengenai target, deadline, hingga perancangan dan proses perakitan pesawat pada proyek 777. Knowledge ini akan sangat berguna dalam pengembangan proyek agar berjalan lancar sesuai rencana.
    Pada lini manajerial tingkat menengah, Corporate Portal dapat dijadikan sebagai salah satu referensi bahan laporan untuk diberikan kepada Pimpinan tingkat atas sebagai pengambil keputusan. Para manajer menengah pun dapat menyebarkan knowledge yang bermanfaat bagi perusahaan dengan lebih terbuka melalui Corporate Portal.
    Untuk lini Eksekutif tingkat atas, Corporate Portal dapat sangat berguna sebagai salah satu sumber informasi dalam proses pengambilan keputusan. Melalui Corporate Portal ini pula, para pimpinan dapat berbagi knowledge kepada seluruh karyawan mengenai pencapaian, posisi, kondisi, hingga keadaan perusahaan terhadap para pesaingnya di dunia industri. Penyebaran knowledge seperti ini dapat mengembangkan kreativitas para karyawan sehingga mampu memberikan kontribusi maksimal kepada Boeing.
  3. Apa saja nilai-nilai KM dan pembelajaran yang didapat dari kasus yang ada.
    Nilai KM dan pembelajaran yang didapat dari kasus Boeing antara lain:

    1. Perlunya budaya keterbukaan dan Knowledge Sharing dalam suatu perusahaan.
      Pada proyek 777, terbukti bahwa dengan gaya santai dan saling terbuka antar pimpinan seperti pada “Muffin Meeting”, semangat kerja dapat meningkat sehingga dapat meningkatkan pula produktivitas kerja.
    2. Pentingnya Memotivasi para karyawan perusahaan.
      Manajer boeing mendorong para pekerja dari setiap tingkatan untuk berbicara, memberikan saran, dan berpartisipasi dalam pengambilan keputusan. Ini dapat meningkatkan kemampuan para karyawan dan memaksimalkan potensi yang ada pada setiap karyawan.

Leave a reply

:mrgreen: :neutral: :twisted: :shock: :smile: :???: :cool: :evil: :grin: :oops: :razz: :roll: :wink: :cry: :eek: :lol: :mad: :sad:

  • Monthly

  • Blogroll

  • Meta

    • Subscribe to RSS feed
    • The latest comments to all posts in RSS
    • Subscribe to Atom feed
    • Powered by WordPress; state-of-the-art semantic personal publishing platform.
    • Firefox - Rediscover the web