Deni

December 9th, 2009

Tugas Minggu 3

Posted by deni in Tugas Mingguan
  1. Apa beda tacit knowledge dan explisit knowledge
    Perbedaan mendasar antara tacit knowledge dan explicit knowledge terletak pada jenis dari knowledge yang ditransferkan, dimana tacit knowledge lebih banyak berkenaan dengan pengetahuan yang bersifat batiniah, artinya sangat dipengaruhi pengalaman si pemilik knowledge, bagaimana sikap mentah dan pandangan atas suatu masalah yang ada. Sedangkan explicit knowledge lebih berkenaan dengan pengetahuan yang telah dijabarkan dengan tertata pada buku dan media pembelajaran yang dapat dibaca dan seketika itu juga, si pembaca dapat memahami dan sedikit banyak menerima isi dari pengetahuan yang disampaikan
  2. Bagaimana proses transfer diantara kedua knowledge tersebut pada orang-orang yang ada di organisasi
    Proses transfer tacit knowledge bisa dibilang cukup sulit, karena tacit knowledge sangat berkenaan dengan pandangan dan sikap mentah dari si pemilik knowledge. Cara terbaik yang mungkin bisa dilakukan untuk transfer tacit knowledge adalah dengan cara sharing dan bertukar pikiran. Explicit knowledge dapat ditransfer dengan cara yang relative lebih mudah yaitu dengan media buku dan bacaan lainnya.
  3. Jelaskan beda dan struktur perubahdan dari data, informasi dan knowledge
    Data didapatkan dari proses bisnis yang berjalan, bersifat sangat mentah dan tidak memiliki arti karena belum diolah. Informasi dibangun dari data yang telah disuguhkan sesuai dengan keadaan yang ada, dimana telah disusun dan ditampilkan sesuai dengan permintaan si penerima. Sedangkan knowledge dibangun dari informasi-informasi yang ada kemudian dianalisa melalui daya timbang nalar sehingga menghasilkan pemahaman yang membawa pada kesanggupan untuk memanfaatkan informasi tersebut lebih lanjut.
  4. Jelaskan beda, maksud dan isi dari 3 model dasar Knowledge management (People, process dan technology)
    People merupakan actor utama yang harus mengembangkan knowledge, dimana people ah yang menjadi awal konseptor, penggagas dan pelaksana dari budaya knowledge yang akan dilaksanakan pada sebuah perusahaan. Sedangkan process diperlukan untuk “memindahkan” knowledge dari personal ke dalam sebuah technologi, dimana dengan sebuah technologi, knowledge lebih mudah untuk diakses, dikembangkan dan dijadikan sebagai sarana untuk saling berbagi dan bercerita. Technologi merupakan factor pendukung untuk mengembangkan knowledge di dalam sebuah perusahaan. Melalui technologi, people relative lebih mudah untuk saling berinteraksi dengan knowledge yang telah ada (disimpan dalam sebuah repository).
  5. Jelaskan core process dari KM ?
    Dalam membangun knowledge management ada 6 tahapan utama yaitu :

    1. Knowledge Identification
      Melakukan identifikasi secara lengkap tentang knowledge yang dimiliki oleh perusahaan. Perlu diadakan analisa dan identifikasi lingkungan perusahaan untuk melihat knowledge yang kita miliki baik di internal atau sekitarnya.
    2. Knowledge Acquisition
      Pada tahap ini, perlunya kita melihat sisi luar perusahaan untuk melihat knowledge apa saja di luar perusahaan yang akan berguna.
    3. Knowledge Development
      Tahap yang utama setelah melihat lingkungan internal dan eksternal adalah membangun fitur-fitur yang diperlukan untuk memanage knowledge yang sudah ada. Perlunya memanage fitur-fitur knowledge agar mendorong terbentuknya proses penciptaan skill baru, produk baru, penciptaan ide baru yang lebih baik dan penciptaan proses yang lebih efisien.
    4. Knowledge Sharing / Distribution
      Setelah proses pembangunan selesai, harus dipastikan kalau knowledge yang sudah ada digunakan secara group dan dapat disharing.
    5. Knowledge Utilization
      Pada proses ini sudah harus dipastikan, bahwa knowledge benar-benar telah digunakan pada lingkungan perusahaan.
    6. Knowledge Retention
      Apa yang terbaik dari sebuah proses adalah bagaimana kita mampu melestarikan apa yang telah ada supaya tidak hilang. Pada tahap ini, knowledge perlu didefinisikan sebagai sebuah aset perusahaan yang harus dijaga dan terus dikembangkan agar tidak hilang.

Leave a reply

:mrgreen: :neutral: :twisted: :shock: :smile: :???: :cool: :evil: :grin: :oops: :razz: :roll: :wink: :cry: :eek: :lol: :mad: :sad:

  • Monthly

  • Blogroll

  • Meta

    • Subscribe to RSS feed
    • The latest comments to all posts in RSS
    • Subscribe to Atom feed
    • Powered by WordPress; state-of-the-art semantic personal publishing platform.
    • Firefox - Rediscover the web