Deni

December 9th, 2009

Tugas Minggu 4

Posted by deni in Tugas Mingguan
  1. Jelaskan beda dari 3 knowledge goal yang ada (Stretegic, operational, normatif)
    Perbedaan utama dari 3 knowledge goal :

    1. Strategic knowledge goal
      Bersifat jangka panjang, dalam artian segala pengelolaan knowledge ditujukan untuk mencapai taraf penguasaan pasar dan memenuhi standard persaingan di dalam bisnis.
    2. Operational knowledge goal
      Bersifat jangka pendek, dan knowledge yang dikelola ditujukan untuk mencapai hasil yang segera dapat dilihat hasilnya, karena tidak memerlukan angka-angka statistic yang diakumulasi dalama jangka waktu tertentu.
    3. Normatif knowledge goal
      Bersifat pemberdayaan kebiasaan mengembangkan knowledge di dalam perusahaan. Tujuannya agar para pekerja, dalam kesehariannya menjadi knowledge sebagai bahan share dan berbagi ilmu antar elemen yang ada.
  2. Jelaskan perbedaan antara knowledge identification dan knowledge acquisition
    Knowledge identification dan knowledge acquisition merupakan tahap-tahap dalam pengembangan knowledge di dalam sebuah perusahaan. Knowledge identification lebih ditujukan pada aktivitas-aktivitas mengeksplorasi kemampuan dan kekayaan diri sendiri (perusahaan), knowledge apa yang dimiliki dan bagaimana lingkungan perusahaan mendukung knowledge yang ada. Sedangkan knowledge acquisition lebih ditunjukkan pada kegiatan “mengintip” knowledge apa yang ada dimiliki perusahaan lain, bagaimana strategi pengembangannya, apa faktor pendukung yang menjadikan perusahaan terssebut maju. Proses ini dilakukan untuk melakukan perbandingan.
  3. Jelaskan beda dari 3 pendekatan dalam knowledge identification (Struktural, activities, behavioral)
    Proses knowledge identification :

    1. Struktural
      Memahami knowledge yang ada melalui struktur organisasi, tata cara dan aturan yang ada di sebuah perusahaan, hingga didapat gambaran dasar mengenai perusahaan.
    2. Activites
      Setiap aktivitas dan kegiatan di dalam sebuah perusahaan dapat dijadikan sebagai cerminan bagaimana perusahaan mengoperasiakan kegiatan bisnisnya. Cara ini cukup efektif untuk memahami bagaimana seharusnya knowledge dikembangkan karena sangat berkaitan dengan kegitan sehari-hari.
    3. Behavior
      Kecenderungan akan adanya tata cara, misi dan visi bekerja di perusahaan, menjadikan knowledge begitu dekat dengan tindakan dan proses bekerja.
  4. Jelaskan bagaimana cara menghasilkan fitur dengan melihat dari knowledge goal dan knowledge identification
    Melalui kegiatan knowledge identification, kita mampu memahami bagaimana lingkungan kerja kita, apa yang ada sebagai sebuah sumber knowledge, dan bagaimana lingkungan tersebut mendukung pengembangan knowledge yang ada. Melalui pemahaman yang baik akan diri sendiri (lingkungan dan bagaimana knowledge dikelola) akan menghasilkan sebuah produk knowledge (fitur) yang dapat sesuai dengan tujuan atau goal yang ingin dicapai oleh perusahaan tersebut.
  5. Apa itu knowledge map ? berikan contohnya ? Untuk tipe knowledge seperti apa (lihat pertanyaan nomor 3) yang cocok untuk knowledge map, berikan penjelasannya.
    Knowledge map merupakan istilah atau konsep yang digunakan sebagai sebuah solusi untuk menemukan kecocokan antara keahlian seseorang dengan bidang pekerjaan yang dilakukannya setiap hari. Melalui pemetaan ini, dapat ditemukan keahlian apa yang tepat pada bagian tertentu, sehingga didapatkan keefektifitasan bekerja dan menghasilkan.
    Sebagai contoh, seorang tenaga IT yang baru masuk, apakah akan ditempatkan sebagai IT support, IT programming, database administrator dan sebagainya. Melalui pemahaman akan bidang kerja dan kekhususannya yang ada di dalamnya, diharapkan dapat menempatkan personal yang tepat.
    Menurut saya, knowledge map ditujukan untuk kegiatan identification pada tipe activities, dimana sangat erat dengan kegiatan sehari-hari yang dilakukan dan ditekuni sebagai pekerjaan pokok.

Leave a reply

:mrgreen: :neutral: :twisted: :shock: :smile: :???: :cool: :evil: :grin: :oops: :razz: :roll: :wink: :cry: :eek: :lol: :mad: :sad:

  • Monthly

  • Blogroll

  • Meta

    • Subscribe to RSS feed
    • The latest comments to all posts in RSS
    • Subscribe to Atom feed
    • Powered by WordPress; state-of-the-art semantic personal publishing platform.
    • Firefox - Rediscover the web